Advertise here

Rabu, 07 Desember 2011

KUNJUNGAN PASAR CAKRANEGARA


MENGIDENTIFIKASI MUTU DAN PENANGANAN
DAGING DI RPH MAJELUK


I.                  TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Hari/ tanggal         : Sabtu, 3-12-2010
Tempat                  : Pasar Tradisional Cakranegara
Waktu                   : pukul 10.00-11.00 Wita

II.               PENDAHULUAN
II.1 LATAR BELAKANG
Tersedianya produk pangan yang aman harus ditunjang oleh bahan baku yang berkualitas. Dalam hal ini penanganan mutu buah dan sayur dipasaran merupakan salah satu cara perbaikan kualitas serta pertahanan gizi masyarakat.
Pangan dan gizi merupakan salah satu unsur yang penting dan strategis dalam penyediaan, distribusi konsumsi pangan, keamanan dan mutu gizi yang memadai, dan harus benar-benar terjamin.

Buah dikenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan sedangkan sayur, citarasanya yang kriuk ketika dimakan memberikan ciri khas tersendiri. Buah dan sayur dapat dimanfaatkan sebagai tanaman yang berkhasiat khusunya bagi kesehatan.
Buah dan sayuran jika ditinjau dari segi gizi, kita ketahui bersama banyak mengandung vitamin. Kita ambil contoh wortel, wortel mengandung vitamin Ayang tinggi, dan dapat mencegah kanker. 

II.2 TUJUAN
      Tujuan Umum :
Mengetahui tentang cara penanganan dan penentuan mutu bahan pangan di suatu institusi

Tujuan Khusus :
a.       Mengidentifikasi gambaran umum (sejarah berdirinya, pngelolaan, ketenagaan, dll) lokasi kunjungan lapangan.
b.      Mengidentifikasi cara/ tahapan penanganan bahan pangan di lokasi kunjungan.
c.       Mengidentifikasi cara penentuan mutu bahan pangan di lokasi kunjungan.
d.      Mengidentifikasi sifat fisik, kimia dan organoleptik bahan pangan di lokasi kunjungan.
e.       Mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan yang terdapat pada bahan pangan dilokasi kunjungan.



III.           HASIL DAN PEMBAHASAN
Keberadaan yang sangat tua sejak 17 tahun yang lalu. Pembangunan sejak 30 tahun yang lalu yang merupakan pasar terbaik di Mataram. Ternyata lama kelamaan datang teknologi yang jauh lebih tinggi.
Apapun yang terjadi pasar ini tetap dipakai,gambaran awal apa yang bisa walaupun keberadaannya sudah ketinggalan jauh dengan pasar yang lain.
Pasar ini diawali dari pasar tradisional untuk masyarakat cakra. Setelah berjalan sedikit berkurang karena di dominasi konveksi(pedagang kain).Sampai saat ini
-          Pedagang konveksi 65%
-          Sembako 5%
-          Pedagang sayur,buah 15%
-          Pedagang ayam,daging 5%
-          Pedagang emas 5%
Dan sisa-sisanya di isi oleh pedagang besi bekas & alat sepeda motor bekas ,inilah realita yang ada.
-          Pegawai stap ada 3
-          Juru pungut 2
-          Satpam 12
-          Tukang sapu 3
Gaji dari pemerintah lahan 1 hektar,jumlah pedagang 460 orang.Mayoritas orang cakra dan dari segala penjuru. Pemerintah bekerja dengan perda untuk retribusi tiap hari dipungut berdasar
tipe  A = 800/m
        B = 500/m
        C = 350/m
Pasar cakra termasuk tipe A. Disamping retribusi pasar, pemerintah yang menyewakan ruang yang bervariasi .Khusus pasar cakra tipe A = 2500 per meter per bulan .
Tipe A = - bangunan permanen
-pedagang banyak
Tipe B = -bangunan setengah permanen
-pedgang tidak terlalu banyak
Tipe C = -bangunan sederhana
-pedagang sedikit
Pemerintah datang mengawasi  setiap 3 bulan,pasar akan di renovasi pertengahan dan akhir 2011.Dan pedagang akan diperintahkan oleh pemerintah

Buah
Ibu Sonia (Pagutan)
Buah dari lokal dan luar
Lokal= salak pondo, jeruk lumajang ,mangga manalagi
Buah diambil dari pasar sebelum jualan. Buah yang tidak habis terjual akan dijual besok kembali .Penjualan sama rata :
Salak:12.000
Jeruk:20.000
Apel malang:20.000
Pear:12.000
Apel fuji:20.000
Apel merah:20000
Anggur merah:45.000
Jeruk santa:20.000

Buah yang rusak terlihat dari kulitnya sudah agak berwarna kuning kecoklatan, aromanya sudah tidak segar, teksturnya lembek, dan buah yang rusak tersebut biasanya dibuang. Waktu  berjualan dari jam 08.00 WITA- 17.00 WITA biasa juga sampai jam 06.00 kalau ramai ,pembeli bisa mencicipi sebelum dibeli, jualan sejak dulu dan menetap. Pembayaran tempat penjualan= 6.500 per meter
dan tergantung tempat.
Buah bertahan 1 sampai 2 hari habis dan baru diambil lagi. Jumlah buah memuncak ketika hari –hari raya. Buah yang cepat rusak adalah salak dan anggur sedangkan buah yang bertahan lama adalah buah jeruk dan apel.

Daging
Ibu Habibah
Harga perkilo 70.000 ,daging yang dijual mayoritas adalah daging sapi bagian .lulur.Informasi didapatkan dari RPH,Majeluk.Daging sapi bagian lulur akan dibuat kerupuk kulit. Cara penanganan dari daging itu sendiri yaitu setelah di ambil dari RPH, daging langsung dijual. Dan apabila tidak habis, daging di simpan di freezer. Tanda-tanda kerusakan yang biasa terjadi yaitu tekstur daging yang lunak dan beraroma tidak sedap.

Ayam
Ibu Herimah
Harga 1 kg daging ayam 25.000,daging ayam yang dijual dipotong sendiri oleh ibu  Herimah yang berasal dari Seganteng. Isi dalam ayam harganya mencapai 2.000 per kilo. Banyak ayam yang dijual atau disembelih rata-rata 100 potong sedangkan jenis ayam yang dijual adalah ayam buras. Tanda kerusakan yang biasa terjadi yaitu daging ayam yang lunak dan aromanya berbau busuk. Sedangkan cara penanganan agar daging ayam lama terjadi kerusakan adalah di simpan di freezer juga bila tidak habis di jual.

Ikan
Pak Hendri
Jenis ikan yang dijual adalah jenis ikan kakap yang harga 1kg nya 25.000.Ikan yang dijual berasal dari Lembar .Ikan yang tidak hbis dijual akan ikembalikan lagi ke Lembar untuk diolah menjadi ikan asin. Tanda-tanda kerusakan yang terjadi pada ikan itu biasanya saat di tekan pada ikan tersebut maka bentuk ikan tidak akan kembali ke bentuk semula. Cara penanganan pada saat pejualan ikan yaitu ikan direndam dengan es batu agar tetap kaku.

Ikan Tawar
Ibu Rohan 
Ibu Rohan mennjual ikan nila dan lele ,harga 1kg untuk semua uuran adalah 23.000,sedangkan untuk 1kg lele,karper dan gurami harganya 20.000.Jika ikan tidak habis dijual ,ikan akan di jual ke pedagang lainnya
Lele dengan harga 30.000 per kg nya dibawa ke pasar untuk dijual dengan 80.000 per kg nya dijual ke pelanggan.Untuk hari besar penjual meningkat sampai ratusan juta dan untuk langganan ikan pedagang mendapatkan untung        .

Hasil olahan ikan
Mak Ela
Untuk cumi-cumi kerang harga per kg nya adalah 80.000 untuk ukuran kecil,sedangkan untuk ukuran besarnya harga per kg kg nya 100.000 .Pengawetan memakai garam yang diambil dari bertais.Untuk ikan asin pusol harag per kg nya 30.000 ,ikan lembaen harganya 40.000/kg, ikan teri lamet 100.000 per kg nya, medang/lama 100.000/kg, tri biasa 80.000/kg. Dan yang paling banyak dipesan itu tri medang. Tanda kerusakan yang biasa terjadi yaitu ikan mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Sayur
Ibu Rukiah
Berjualan di pasar Cakra suddah lebih 20th. Pertamanya menjual buah, baru menjual sayur sekitar dari 7 tahun lalu. Soalnya jualan buah pembelinya sepi. Pasokan sayuran dari bertais. Sayuran yang paling mahal yaitu bawang merah dan tomat. Sayuran biasa bertahan 3-4 hari. Jika pembeli ramai pendapatan biasanya bisa mencapai 1 juta. Dan jika sepi biasanya hanya 5 ratus ribu rupiah. Tanda kerusakan yang biasa terjadi yaitu sering terjadi browning pada sayuran dan sayuran sudah tidah segar lagi. Sayuran tidak memiliki cara penanganan yang khusus. Karena setelah di ambil untuk dijual, biasanya hanya dibawa kerumah dan paginya dijual kepasar.


IV.           PENUTUP

Kesimpulan :
Dari kunjungan yang kita lakukan dapat disimpulkan bahwa pasar cakranegara merupakan pasar kedua, karena barang/bahan pangan berasal dari pasar lain. sehingga kita dapat menilai mutu dari bahan pangan dari pasar ini kurang bagus. Hal ini dapat kita lihat dari sifat orghanoleptik yang terdapat pada bahan pangan, misalnya sayur, masih banyak terdapat kerusakan pada bagian daun dan tingkat keutuhannya.
Sedangkan buah masi dikatakan cukup baik karena terlihat dari penampakan luar buah yang cukup segar.

Saran :
Sebaiknya dalam pemilihan buah dan sayuran dapat dilakukan dengan melihat tingkat keutuhan dan kesegaran dari masing-masing bahan tersebut bukan dari tingkatan harganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Thankz atas kunjungannya,,, ^_^